Laman

Entri Populer

Unknown On Kamis, 13 Juni 2013


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgPlCKO1HHXQ_0qHKhkClJEbgE_r6iezh-4lBP2-kvBqiwzdg_KtUZH5mT7-uF3MEghndWltlu2KhjxbqWIyEK4sKfL-pa29Sz4jSZ_LKhxPGdPSCq4QXYB-72ETb38XVWQu9FDE3MivjE/s400/23690_106127489414771_100000525628085_148417_4076494_n.jpgTempatku terdiam dibalik awan 
aku melihat dibalik hujan ...
tempatku terdiam, tempat bertahan 
aku terdiam di balik hujan...

Tentunya kita sudah familiar dengan sepotong lirik dari sebuah lagu di atas. Benar, itu adalah refrain dari sebuah lagu yang berjudul dibalik awan. Lagu yang di gubah oleh peterpan (sekarang NOAH) ini memiliki lirik yang tak biasa. Tak seperti lagu pada umunya, yang biasanya mempunyai makna yang jelas. Lagu di balik awan mempunyai arti yang mengambang. Tetapi memang itulah salah satu ciri khas dari musik peterpan.

Sejenak kalau di fikirkan lirin demi lirik , bait demi bait. Kita akan menemukan suatu pelajaran hidup di balik lagu ini. Seorang yang tak pernah bisa meraih apa-apa yang diinginkannya, seorang yang hampir putus asa tetapi pada akhirnya dia tetap bersabar. Makna seperti itu lah yang saya tangkap dari lagu ini. oke tak perlu berlama-lama , sambil meyuruput kopi anda dan mendengarkan lagunya. Saya akan menjelaskan interprestasi yang saya dapatkan di lagu ini.

Ku tak selalu berdiri 
terkadang hidup memilukan 
jalan yang kulalui 
untuk sekedar bercerita

Bait pertama dari lagu ini mengambarkan siklus manusia pada umumnya. Bahwa kehidupan memang tak akan selamanya ada di atas. Layaknya sebuah roda yang berputar, kadang di atas kadang dibawah.

Pegang tanganku ini 
dan rasakan yang kuderita
genggam tanganku ini 
genggam perihnya kehidupan 

Sosok aku pada bait kedua ini, menginginkan ada orang yang peduli padanya. Untuk setidaknya semua beban, derita dan kesedihan yang di tanggungya bisa terangkat sedikit. 

Apa yang kuberikan 
tak pernah jadi kehidupan 
semua yang kuinginkan 
menjauh dari kehidupan 

Bait ketiga lagu ini menuansakan keputusasaan. Bagaimana sosok aku ini telah mengerahkan apa yang dia bisa, sudah berusaha begitu keras. Namun tetap saja apa yang dia inginkan tak pernah jadi  keyataan. Yang di metaforakan dengan kehidupan.

Tempatku melihat dibalik awan 
aku melihat dibalik hujan 
Tempatku terdiam tempat bertahan 
aku terdiam di balik hujan 

Awan menggambarkan impian dan hujan menggambarkan harapan. Pada akhirnya aku tetap melihat impiannya. Dia tetap bertahan pada harapan yang selalu diteteskan hujan. Karena dia percaya selama ada awan pasti masih ada hujan yang akan meyertainya.   

 

10 Responses so far.

  1. Unknown says:

    Satu lagu penuh makna

  2. Unknown says:

    Wow amazing peterpan

  3. Anonim says:

    Puisi yg bgitu indah

  4. Bait 1 dan 2 adalah ungkapan manusia, bai 3 dan 4 adalah ungkapan sang pencipta. Ariel bedialog dalam lagu ini dengan solo vokal dua personifikasi. Manusia mengungkapkan keputusasaannya, kemudian sang pencipta menegur kepada manusia bahwa segala yang dia telah anugerahkan tidak menjadi sesuatu yg lebih bai, sang pencipta selalu mengawasi perbuatan manusia dari langit

  5. Anonim says:

    sedikit tambahan bait ke 4, bermakna sang pencipta dan manusia, dimana sang manusia menangisi perbuatannya yang selalu tak bermamfaat

  6. Unknown says:

    absen dulu, siapa yang lihat ini ditahun 2020 april ini pas wabah corona

  7. Unknown says:

    Sayaaa 👋🏻👋🏻👋🏻 Lagi demen2nya sm lagu ini hehe

  8. Unknown says:

    Sumpah makna nya yg luar biasa